Obat Lepra

Lepra (Morbus Hansen) yang merupakan penyakit kronik dan menular yang sering terjadi pada masyarakat yang kurang menjaga kebersihan dengan baik. Lepra sering ditemukan pada daerah yang beriklim panas. Penyakit ini terutama menyerang saraf dan kulit.

Penyebab dari penyakit lepra ini adalah infeks bakteri Mycobacterium leprae. Masa inkubasinya sangat panjang, yaitu mulai dari sekitar 1 tahun hingga 25-30 tahun.

Gejala dan tanda-tanda ada dari penyakit lepra adalah :

1. Pada bentuk yang menular (lepramatous), tanda awalnya meliputi demam terus-menerus dan pembengkakanyang berwarna merah dan nyeri pada kulit. Selanjutnya, kulit menjadi tebal dan tidak mulus. Kadang, garis wajah atau tangan dan kaki berubah bentuknya.

2. Pada bentuk tidak menular (tuberculoid), tanda awalnya meliputi perasaan geli, lalu kehilangan indera perasa (mati rasa) pada bagian tubuh yang terkena dan kulit terasa keras seperti anyaman tebal.

Pengobatan herbal untuk mengobati penyakit lepra adalah :

Resep 1 obat lepra

- 60 gram daun pegagan yang segar dan 30 gram yang kering
- 15 gram daun sambiloto yang kering
- Cuci bersih semau bahan, rebus denggan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan minum airnya 2 kali sehari.

Resep 2 obat lepra

- Daun jarak pagar secukupnya
- Cuci bersih daun jarak pagar dan haluskan
- Tempelkan pada bagian yang sakit

Resep 3 obat lepra

- Getah jambu monyet yang masih muda 2-3 sendok makan. Getah jambu ini berfungsi untuk menggosok atau sebagai pelumas kulit yang terserang lepra atau kusta. Lakukan pengobatan dengan bahan herbal ini sebanyak 3 kali sehari atau lebih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Resep 4 obat lepra

- Daun kaki kuda ¾ genggam
- Dicuci bersih, lalu direbus dengan takaran 3 gelas air. Masak daun kaki kuda tersebut di dalam air mendidih sampai airnya tersisi ¾ gelas. Sesudah dingin, diminum 3 kali sehari ½ gelas.

Resep 5 obat lepra

- Umbi gadung ½ kepalan tangan orang dewasa
- Cuci bersih, kemudian paru t dan diremas denga getah biduri sebanyak 1 sendok makan dan batang kayu buta 1 sendok makan.
- Ramuan ini digosokkan dan dilumaskan pada kulit yang terserang lepra 3 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

This entry was posted in Obat Lepra and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>